Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Laporan Penelitian Konservasi Situs Candi Kepung Kabupaten Kediri | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

LAPORAN STUDI

Laporan Penelitian Konservasi Situs Candi Kepung Kabupaten Kediri


Dari uraian analisis permasalahan tersebut di atas, maka berikut ini kami sampaikan beberapa kesimpulan dan saran-saran penanganan konservasi dalam upaya pelestarian bangunan untuk menghindari proses kerusakan lebih lanjut. Sesuai dengan kepentingan arkeologis, bentuk/pola penanganan konservasi yang dilakukan adalah konservasi in situ.
1. Candi Kepung merupakan salah satu gugusan candi yang cukup potensial di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Kediri.
2. Mengingat pentingnya bangunan tersebut bagi perkembangan arkeologi di Indonesia khususnya di Kabupaten Kediri, maka upaya pelestarian bangunan dalam bentuk tindakan konservasi perlu dilakukan untuk menjaga eksistensi bangunan terhadap proses kerusakan/pelapukan lebih lanjut.
3. Secara umum bangunan yang telah dibuka selama kurang lebih 6 tahun tersebut memang masih dalam kondisi baik, karena telah diberikan atap perlindungan, namun demikian beberapa gejala pelapukan telah mulai nampak baik, fisis, khemis maupun biologis. Pelapukan fisis dalam bentuk ausnya permukaan bata, pelapukan khemis dalam bentuk sedimentasi kristal-kristal garam terlarut dan biologis sebagai akibat dari serangan beberapa jamur/jasad seperti halnya algae, moss dan lainnya.
4. Dalam kaitannya dengan masalah konservasi, ada dua hal pokok yang harus ditangani yaitu masalah penghambatan proses pelapukan bahan bangunannya sendiri dan pengendalian lingkungan candi.
5. Penanganan konservasi terhadap bahan bangunan meliputi pembersihan endapan mikrobia (algae, moss dan jamur) dan konsolidasi pada bagian yang rapuh. Sedangkan penanganan masalah lingkungan meliputi pengerasan/konsolidasi dasar bangunan dan tebing/dan dinding tanah hasil ekskavasi pembuatan pagar dan atap pengaman.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
LS 930.1 SAD l
Publisher
: Tim Peneliti Bidang Arkeologi Klasik Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.,
Collation
14 hlm; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
930.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment