Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.211 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

EKSPLORASI ETHNOHISTORY LUUQ KERAI - LINGGANG Ethnografi Microstoria Etnik Rentenuukng-Linggang Di Kabupaten Kutai Barat. | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

EKSPLORASI ETHNOHISTORY LUUQ KERAI - LINGGANG Ethnografi Microstoria Etnik Rentenuukng-Linggang Di Kabupaten Kutai Barat.


Terdapat dua pemikiran besar berkaitan dengan muasal orang rentenuukng. Pendapat pertama mengatakan bahwa orang rentenuukng adalah keturunan sengkereaq. Orang rentenuukng yang keturunan sengkereaq inilah yang awalnya bermukim di sekitar Engkalaakng yang bermigrasi kesekian banyak tempat disepanjang sungai Mahakam, yang pada akhirnya kembali ke wilayang linggang. Pendapat kedua menyebutkan bahwa orang rentenuukng merupakan pecahan dari kelompok etnik lain yang mencari tempat hunian baru, dan akhirnya menemukan dan bermukim di wilayah linggang. Luuq Kerai dan luuq kerai adalah pusat yang menjadi simbol kekuasaan dan kebudayaan orang rentenuukng. Pada luuq utama inilah mantiiq orang rentunuukng tinggal dan mempengaruhi perkembangan hunian kelompok yang lebih kecil yang disebut lubuung. Luuq kerai bukan mitologi, namun ini sejarah nyata orang rentunuukng. Pasca luuq kerai, kembali didiirkan luuq baru yang dinamakan luuq beguukng. Luuq ini menjadi sejarah akhir orang rentenuukng hidup dalam pola tinggal berkelompok dalam satu rumah panjang.


Collection Location

Perpustakaan BPNB Kalimantan Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
SUA - 959.8 (950-959) THE E
Publisher
Kutai Barat, Kalimantan Timur : CENTER FOR ETHNOECOLOGY RESEARCH AND DEVELOPMENT.,
Collation
261hlm ; 15cm x 21cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
SUA - 959.8 (950-959)
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
2009
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment