Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.339 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

GMP cara pengolahan pangan yang baik | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

GMP cara pengolahan pangan yang baik


GMP ( Good Manufacturing Practices ) merupakan suatu pedoman bagi industri pangan, bagaimana cara berproduksi makanan dan minuman yang baik. GMP merupakan prasyarat utama sebelum suatu industri pangan dapat memperoleh sertifikat sistem HACCP ( Hazard Analysis Critical Control Points ).
Industri pangan yang telah mendapat sertifikat sistem HACCP dapat dipastikan telah menerapkan GMP dengan baik. Untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan GMP diperlukan SSOP ( Standar Sanitasi Operating Procedure ).
GMP secara umum berfokus dan berakibat pada banyak aspek baik aspek operasi pelaksanaan tugas yang terjadi dalam pabriknya sendiri maupun operasi personel. SSOP merupakan prosedur atau tata cara yang digunakan oleh industri untuk membantu tercapainya seluruh tujuan yang diharapkan GMP dalam memproduksi makanan yang bermutu tinggi, aman dan tertib.
SSOP meliputi pemeliharaan umum ( bangunan / fasilitas fisik pabrik ), bahan yang digunakan , pest control ( pengendalian hama ), sanitasi permukaan peralatan, penyimpanan dan penanganan peralatan dan tempat pembuangan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa makanan yang diproduksi aman utnuk dikonsumsi adalah supali air aman, ingredients yang baik ( wholesomer ) dan aman, cara penanganan yang higienis untuk mencegah masuknya mikroba pembusuk dan patogen selama persiapan maupun penyajian
Peran GMP dalam menjaga keamanan pangan sangat selaras dengan pre-requisite ( persyaratan dasar ) penerapan HACCP. Penerapan program pre-requisite harus didokumentasikan dalam Standar Prosedur Operasi Sanitasi ( SPO Sanitasi ) atau Sanitation Standard Operating Procedures ( SSOP ), sedangkan dalam rangka monitoring dilakukan audit khusus terhadap program pre-requisite baik internal maupun eksternal.


Collection Location

Perpustakaan P4TK Bidang Pertanian-Cianjur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
641.3 WIN g
Publisher
Bogor : Mbrio Press.,
Collation
vii,103 hlm.; ilus.; bibl.; indeks.; 21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
979-3098-06-6
Classification
641.3
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment