Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.342 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Inventarisasi Karya Budaya TARI GAWI DI KABUPATEN ENDE, NUSA TENGGARA TIMUR | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Inventarisasi Karya Budaya TARI GAWI DI KABUPATEN ENDE, NUSA TENGGARA TIMUR


Tari GAWI merupakan kekayaan nenek moyang suku Lio Ende yang mengungkapkan rasa syukur atas kemenangan dalam peperangan perebutan wilayah kekuasaan.seiring dengan perjalanan perang antar suku sudah hilang, saat ini tari GAWI mengalami perkembangan dan biasanya dipertunjukkan pada saat upacara adat Joka Ju ataui Tolak Bala. Bahkan untuk upacara pernikahan dan upacara syukuran. Sebelum dimulai Tarian GAWI diawali dengan Tarian Woge dan disertai dengan Bhea (Sapaan adat oleh mosalaki atau pemuka adat sebagai panglima perang), sarana yang digunakan oleh penari WOGE adalah Sau (klewang) dan Mbaku (perisai/tameng). Setelah tarian WOGE selesai barulah dilanjutkan pementasan Tarian GAWI.
Tarian GAWI dipentaskan dalam bentuk lingkaran, sebagai pertanda persatuan, kebersamaan dan kekompakkan dari seluruh anggota masyarakat adat setempat. Dalam formasinya para penari GAWI terutama penari laki-laki harus berada di tengah lingkaran sedangkan penari perempuan mengambil formasi di luar lingkaran. Formasi seperti ini mempunyai arti memberikan penghargaan atau penghormatan kepada kaum laki-laki dan penari perempuan memberikan spirit kepada kaum laki-laki untuk meramaikan suasana pertunjukkan Tari GAWI tersebut. Sebelum Tari GAWI dimulai biasanya diadakan pemukulan Gong sebagai isyarat atau pertanda bahwa di tempat tersebut akan dipentaskan tari GAWI.
Tari GAWI memiliki fungsi, antara lain Fungsi Ritual/Religi, Fungsi Pendidikan, Fungsi Hiburan, Fungsi Moral dan memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur, Makna Kebersamaan/Solidaritas, Makna Pelestarian, dan Makna Estetis.


Collection Location

Perpustakaan BPNB Jawa Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
793. 359 855 83
Publisher
Badung - Bali : BPNB Bali, NTB, NTT.,
Collation
13,5cm, 19cm, viii, Illus, 142hlm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-356-220-6
Classification
793. 359 855 83
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
2018
Subject(s)

Specific Detail Info
1 Eksemplar
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment