Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.351 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

1006. Dalihan Na Tolu Pada Masyarakat Batak Toba Di Kota Medan | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

1006. Dalihan Na Tolu Pada Masyarakat Batak Toba Di Kota Medan


Buku ini merupakan gambaran umum tentang salah satu adat budaya yang masih dipegang teguh oleh masyarakat Batak ialah Dalihan Na Tolu. Dalihan Na Tolu merupakan Filosofi hidup etnis Batak yang telah ada sejak ratusan tahun dan masih tetap mereka jalankan hingga kini. Dalihan Na Tolu sendiri dapat diartikan sebagai tungku yang berkaki tiga. Tungku yang berkaki tiga sangat membutuhkan keseimbangan yang mutlak.
Pada bagian awal buku ini berisi tentang Batak Toba, Batak Toba merupakan salah satu kelompok etnis terbesar yang hidup di Sumatera Utara. Penyebutan nama Batak sudah dipakai semenjak abad Ke-17.
Menurut catatan sejarah nama suku "Bata" muncul berkat F.Mendes Pintu, kemungkinan orang Eropa pertama yang pergi ke Pedalaman Utara Sumatera dan meninggalkan jejak tertulis.
Pembahasan di lanjutkan dengan Dalihan Na Tolu terbentuk jika sudah ada persekutuan dan jalinan kekerabatan anatar keluarga melalui ikatan perkawinan antara laki-laki dan perempuan. Dalihan Na Tolu secara harfiah adalah tiga batu tungku yang saling menopang sehingga terjadi keseimbangan.
Pada bab terakhir ini sang penulis menjelaskan bahwa Dalam ajarat adat Dalihan Na Tolu di tentukan dengan adanya tiga kedudukan fungsional, yaitu : 1) Hula-hula, 2) Boru, dan 3) Dongan Tubu. Ketiga inti tersebut merupakan aspek vital dalam ajaran Dalihan Na Tolu.
Kata kunci : Batak, Adat, dan Dalihan Na Tolu


Collection Location

Perpustakaan BPCB Banten

Detail Information
Series Title
-
Call Number
390 HAR d
Publisher
Aceh : BPNB Aceh.,
Collation
Lebar 14,8 cm, Tinggi 21 cm, vii 98 Halaman
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
7860229457711
Classification
390
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
1. Eksemplar
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment