Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.580 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Pengantar Sistem Administrasi Pendidikan | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Printed Book

Pengantar Sistem Administrasi Pendidikan


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR – V
DAFTAR ISI – vii
BAB 1 KONSEP DASAR ADMINISTRASI PENDIDIKAN – 1
A. Pengertian Administrasi Pendidikan – 1
B. Prinsip-prinsip Administrasi – 3
C. Tujuan Administrasi Pendidikan – 5
D. Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan – 6
E. Fungsi Administrasi Pendidikan – 7
F. Administrasi dan Manajemen – 11
BAB 2 ADMINISTRASI PERSONEL SEKOLAH – 13
A. Pengertian Administrasi Personel Sekolah – 13
B. Tujuan dan Ruang Lingkup Administrasi Personel Sekolah – 14
C. Manajemen Personalia Sekolah – 14
D. Tugas-tugas Personel Sekolah – 18
BAB 3 ADMINISTRASI KESISWAAN – 25
A. Pengertian Administrasi Kesiswaan – 25
B. Penerimaan Siswa Baru – 25
1. Pembentukan panitia penerimaan siswa baru – 26
2. Menentukan syarat pendaftaran calon siswa – 26
3. Menyediakan formulir pendaftaran – 27
4. Pengumuman pendaftaran – 28
5. Menyediakan buku pendaftaran – 28
6. Ujian – 29
7. Seleksi – 29
8. Pengumuman hasil seleksi – 29
C. Pengelolaan Data Siswa – 30
D. Pembinan Kedisiplinan Siswa – 32
E. Pengelolaan OSIS – 35
BAB 4 ADMINISTRASI KURIKULUM – 37
A. Pengertian Administrasi Kurikulum – 37
B. Kegiatan Administrasi Kurikulum – 37
C. Pengelolaan Kurikulum – 39
D. Organisasi Kurikulum – 40
1. Sparated Curriculum – 40
2. Correlated Curriculum – 41
3. Integrated Curriculum – 42
E. Isi Kurikulum – 43
F. Pedoman Pembuatan RPP – 45
BAB 5 ADMINISTRASI TAT USAHA SEKOLAH – 51
A. Pengertian dan Ruang Lingkup Tata Usaha – 51
B. Organisasi surat menyurat – 52
1. Pembuatan surat – 52
2. Pengelolaan Surat – 63
C. Pengarsipan Surat – 67
1. Pengklasifikasian Arsip – 67
2. Penyimpanan Arsip – 69
3. Penggunaan Arsip – 70
4. Penyusutan Arsip – 71
D. Buku Agenda Rapat Sekolah – 73
E. Kegiatan Tata Usaha Sekolah – 74
BAB 6 ADMINISTRASI SARANA PRASARANA SEKOLAH – 77
A. Pengertian Sarana dan Prasarana PendidikAn -77
B. Ruang Lingkup Administrasi Sarana Prasarana – 78
C. Perencanaan Kebutuhan Sarana dan Prasarana Pendidikan – 78
D. Proses Pengadaan Sarana dan Prasarana – 78
E. Pemakaian Sarana dan Prasarana – 79
F. Pencatatan atau Pengurusan Sarana dan Prasarana – 80
G. Pertanggungjawaban Sarana dan Prasarana Pendidikan – 82
H. Penataan sarana dan sarana pendidikan – 82
1. Tata ruang dan bangunan sekolah – 82
2. Penataan perabot sekolah – 83
3. Penataan perlengkapan sekolah – 83
I. Penghapusan sarana dan prasarana pendidikan -83
BAB 7 ADMINISTRASI KEUANGAN SEKOLAH – 85
A. Pengertian Administrasi Keuangan Sekolah – 85
B. Sumber Keuangan Sekolah – 85
C. Prinsip-prinsip pengelolaan keuangan sekolah – 87
D. Pengelolaan keuangan sekolah – 87
E. Pembukuan Keuangan sekolah – 90
F. Pengawasan Keuangan Sekolah – 91
G. Pertanggungjawaban Keuangan Sekolah – 92
BAB 8 ADMINISTRASI HUBUNGAN MASYARAKAT – 95
A. Pengertian Hubungan Masyarakat – 95
B. Bentuk Kegiatan Hubungan Masyarakat – 97
C. Media dan Alat Kegiatan Humas Sekolah – 98
D. Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Pendidikan di Sekolah – 100
E. Pihak-pihak yang terkait dengan sekolah dan masyarakat – 101
F. Kerjasama Sekolah dengan Masyarakat – 103
G. Teknik Hubungan Sekolah dengan Masyarakat – 104
BAB 9 SUPERVISI PENDIDIKAN – 107
A. Pengertian Supervisi Pendidikan – 107
B. Ruang Lingkup Supervisis Pendidikan – 108
C. Prinsip Supervisi Pendidikan – 111
D. Tujuan dan Sarana Supervisi Pendidikan – 112
E. Fungsi Supervisi Pendidikan – 113
F. Model-model Supervisi Pendidikan – 113
1. Model Supervisi Konvensional – 117
2. Model Supervisi Ilmiah – 117
3. Model Supervisi Klinis – 118
4. Model Supervisi Artistik – 120
G. Pendekatan Supervisi Pendidikan – 121
1. Pendekatan Langsung (direktif)
2. Pendekatan tidak langsung (Non-direktif)
3. Pendekatan Kolaboratif – 122
H. Teknik-teknik Supervisi Pendidikan – 122
BAB 10 BIMBINGAN DAN KONSELING – 125
A. Pengertian Bimbingan dan Konseling – 125
B. Tujuan dan Fungsi Bimbingan dan Konseling – 126
C. Langkah-langkah dalam Bimbingan dan Konseling – 129
D. Teknik Bimbingan dan Konseling – 129
1. Bimbingan Kelompok (group guidance) – 130
2. Penyuluhan Individual (individual counseling) – 132
3. Program-program Bimbingan dan Konseling di Sekolah – 134
BAB 11 ORGANISASI SEKOLAH – 137
A. Pengertian Organisasi Sekolah – 137
B. Pentingnya Organisasi Sekolah – 138
C. Prinsip-prinsip Organisasi – 140
D. Bentuk-bentuk Organisasi – 141
1. Bentuk lurus (organisasi lini) – 141
2. Bentuk lurus dan staf – 142
3. Bentuk Fungsional – 142
E. Struktur Organisasi Sekolah – 144
F. Hubungan kerja dalam organisasi sekolah – 146
G. Cara menyusun struktur organisasi sekolah – 147
H. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun organisasi sekolah – 149
BAB 12 PERAN KEPALA SEKOLAH – 151
A. Peran Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin – 151
B. Peran Kepala Sekolah sebagai Administrator – 153
C. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor – 156
DAFTAR PUSTAKA – 159
INDEKS - 163


Collection Location

Perpustakaan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah

Detail Information
Series Title
-
Call Number
373 FAU p
Publisher
: UII Press.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
373
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment