Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.494 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Manajemen Berbasis Sekolah | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Printed Book

Manajemen Berbasis Sekolah


DAFTAR ISI





KATA PENGANTAR………………………………………………………………………. v

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………….. vii





BAGIAN 1

MANAJEMEN DAN ADMINISTASI SEKOLAH



BAB 1

MANAJEMEN SEKOLAH………………………………………………………………… 2

Makna Manajemen…………………………………………………………………. 2
Kebutuhan dan Arah Manajemen di Sekolah………………………………… 4
Ruang Lingkup Manajemen Sekolah………………………………………….. 15
Daftar Rujukan…………………………………………………………………………… 18



BAB 2

Administrasi SEKOLAH…………………………………………………………….. 20

A.. Definisi Administrasi Sekolah……………………………………………………. 20

B.. Tujuan dan Proses Administrasi Sekolah…………………………………….. 21

C.. Prinsip Administrasi Sekolah…………………………………………………….. 23

D.. Ruang Lingkup Administrasi Sekolah………………………………………….. 24

Daftar Rujukan…………………………………………………………………………… 32



BAB 3

mANAJEMEN bERBASIS SEKOLAH…………………………………………………. 34

A.. Hakikat Manajemen Berbasis Sekolah………………………………………… 34

B.. Variasi Istilah Manajemen Berbasis Sekolah………………………………… 36

C.. Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah……………………………….. 37

D.. Persyaratan Eksistensial Manajemen Berbasis Sekolah………………….. 42

E.. Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah…………………………………. 44

F.. Manfaat Manajemen Berbasis Sekolah………………………………………. 45

G.. Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah…………………………………. 46

Daftar Rujukan…………………………………………………………………………… 57



BAB 4

Disiplin Kepala SEKOLAH…………………………………………………………… 58

Arti Disiplin Kepala Sekolah………………………………………………………. 58
Budaya Disiplin Kepala Sekolah…………………………………………………. 59
Komitmen Kepala Sekolah dalam Penegakan Disiplin…………………….. 63
Daftar Rujukan…………………………………………………………………………… 65





BAGIAN 2…………………………………………………………………………………. 67

MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS SEKOLAH…………………………………….. 67



BAB 5

PENGELOLAAN PUSAT SUMBER BELAJAR……………………………………….. 68

A.. Pendahuluan………………………………………………………………………… 68

B.. Hakikat Pusat Sumber Belajar…………………………………………………… 70

C.. Tujuan Pusat Sumber Belajar……………………………………………………. 74

D.. Fungsi Pusat Sumber Belajar…………………………………………………….. 75

E.. Pengelolaan Pusat Sumber Belajar…………………………………………….. 77

F.. Laboratorium Sebagai Pusat Sumber Belajar……………………………….. 85

G.. Pusat Sumber Belajar Pada Sekolah Menengah Atas…………………….. 87

Daftar Rujukan………………………………………………… 91



BAB 6

MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH………………………………………… 93

A.. Perpustakaan Sekolah……………………….. 93

B.. Fungsi dan Kegunaan Perpustakaan Sekolah………………….. 95

C.. Eksistensi Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca……………. 98

D.. Manajemen Perpustakaan Sekolah……………………….. 103

Daftar Rujukan…………………………………….. 113



BAB 7

MANAJEMEN BIMBINGAN……………………………… 115

DAN KONSELING DI SEKOLAH…………………………….. 115

A.. Pendahuluan………………………… 115

B.. Konsep Bimbingan dan Konseling………………………. 118

C.. Prasyarat Bimbingan dan Konseling……………………… 122

D.. Manajemen Bimbingan dan Konseling……………………. 125

Daftar Rujukan………………………….. 140



BAB 8

PENGELOLAAN KELAS……………………………… 141

A.. Arti Pengelolaan Kelas………………………………. 141

B.. Tujuan Pengelola Kelas……………………….. 143

C.. Guru Sebagai Pengelola Kelas…………………………. 143

D.. Lingkup Pengelolaan Kelas………………………. 147

E.. Faktor-Faktor Pengelolaan Kelas……………………… 148

F.. Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas………………………. 149

G.. Pelaksanaan Pengelolaan Kelas…………………. 151

H.. Iklim Sekolah Mempengaruhi Pengelolaan Kelas………………………… 155

Daftar Rujukan…………………………………………… 158





BAGIAN 3……………………………………………….. 161

MANAJEMEN SUMBER DAYA SEKOLAH………………………………………… 161



BAB 9

MANAJEMEN KINERJA GURU……………………………… 162

A.. Hakikat Kinerja Guru………………………………… 162

B.. Faktor Kinerja Guru…………………………………… 163

C.. Manajemen Kinerja Guru……………………………… 164

Daftar Rujukan…………………………………….. 170



BAB 10

IMPLEMENTASI DAN SUPERVISI KURIKULUM………………………. 171

A.. Implementasi……………………………………… 171

B.. Kurikulum………………………………………. 173

C.. Implementasi Kurikulum…………………………………. 177

Supervisi Kurikulum……………………………………. 181
Manajemen Supervisi Kurikulum……………………………. 185
Daftar Rujukan………………………………. 190





BAB 11

PENGELOLAAN SARANA………………………………… 192

DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SEKOLAH…………………… 192

A.. Pendahuluan………………………………………. 192

B.. Arti dan Ragam Sarana dan Prasarana Pendidikan……………………….. 193

C.. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan…………………………… 194

D.. Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan………………………. 202

Daftar Rujukan…………………………………… 203



BAB 12

TEKNOLOGI INFORMASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH…………………………. 205

A.. Hakikat Teknologi Informasi Pendidikan………………… 205

B.. Perkembangan Teknologi Informasi Pendidikan…………………… 208

C.. Kebutuhan Teknologi Informasi Pendidikan………………………………. 213

Daftar Rujukan………………………………………………… 221





BAGIAN 4…………………………………………………….. 223

MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH……………………….. 223



BAB 13

PENGELOLAAN KEUANGAN SEKOLAH……………………….. 224

A.. Makna Pengelolaan Keuangan Sekolah……………………….. 224

B.. Jenis dan Sumber Keuangan Sekolah…………………… 225

C.. Implementasi Pengelolaan Keuangan Sekolah…………………… 228

Daftar Rujukan…………………………………. 236



BAB 14

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS)……….. 238

A.. Definisi dan Tujuan Dana Bos………………………….. 238

B.. Sasaran Dana Bos……………………………………….. 246

C.. Mekanisme Pencairan Dana Bos……………………………… 247

D.. Penggunaan Dana Bos………………………………………… 247

E.. Manfaat Dana Bos……………………………………………….. 252

F.. Pengelolaan Dana Bos………………………………………. 254

Daftar Rujukan………………………………………………………. 256





BAGIAN 5………………………………………… 257

MANAJEMEN BUDAYA DAN IKLIM SEKOLAH…………………………………. 257





BAB 15

BUDAYA SEKOLAH……………………………………… 258

A.. Definisi Budaya Sekolah………………………………. 258

B.. Sekolah Sebagai Basis Budaya…………………………… 261

C.. Ragam Budaya Sekolah……………………….. 261

D.. Manajemen Budaya Sekolah……………………………. 278

E.. Tugas Sekolah dalam Melestarikan Budaya…………………… 280

Daftar Rujukan………………………………………… 282



BAB 16

MUTU LAYANAN PENDIDIKAN……………………….. 284

A.. Layanan Pendidikan…………………………….. 284

B.. Bentuk Layanan Pendidikan…………………………. 285

C.. Mutu Layanan Pendidikan………………………… 293

Daftar Rujukan……………………………. 295



BAB 17

PENGELOLAAN IKLIM SEKOLAH…………………………. 297

A.. Hakikat Iklim Sekolah…………………………………… 297

B.. Kebutuhan Pengelolaan Iklim Sekolah…………………… 303

B.. Pengelolaan Iklim Sekolah…………………………………. 307

Daftar Rujukan……………………………………………….. 317



BAB 18

MANAJEMEN LINGKUNGAN SEKOLAH……………………… 319

A.. Definisi Lingkungan……………………………………… 319

B.. Hakikat Lingkungan Sekolah………………………………….. 319

C.. Penataan Lingkungan Belajar……………………………….. 327

C.. Manajemen Lingkungan Sekolah……………………………… 332

Daftar Rujukan………………………………………. 338









BAGIAN 6 ………………………………………. 341

MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH…………………………… 341

DAN MASYARAKAT………………………………… 341



BAB 19

PEMBERDAYAAN STAKEHOLDERS (PIHAK PENGGUNA PENDIDIKAN)…. 342

A.. Hakikat Pemberdayaan Stakeholders………………….. 342

B.. Tujuan dan Bentuk Pemberdayaan Stakeholders……………….. 346

C.. Pendekatan Pemberdayaan Stakeholders………………… 354

Daftar Rujukan…………………………………………….. 358



BAB 20

KOMITE SEKOLAH…………………………………………………………………….. 360

A.. Hakikat Komite Sekolah……………………………………………. 360

B.. Tujuan, Peran, dan Fungsi Komite Sekolah ……………………… 363

C.. Keanggotaan dan Kepengurusan Komite Sekolah………………… 371

D.. Mekanisme Pembentukan Komite Sekolah……………………. 374

E.. Struktur Organisasi Komite Sekolah………………………….. 375

F.. Komite Sekolah Sebagai Mitra Kerja Sekolah…………………. 376

G.. Penguatan Kelembagaan Komite Sekolah………………….. 378

H.. Peningkatan Kemampuan Organisasional Komite Sekolah…………. 379

I… Peningkatan Wawasan Kependidikan Komite Sekolah…………………. 382

Daftar Rujukan……………………………………………….. 383



TENTANG PENULIS……………………………………………………………………. 384


Collection Location

Perpustakaan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah

Detail Information
Series Title
-
Call Number
373 HER m
Publisher
: Alfabeta.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
373
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment