Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.196 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Album Budaya Istana di Sulawesi | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Album Budaya Istana di Sulawesi


Keraton merupakan pusat pemerintahan sekaligus pusat kebudayaan di masa lalu. Segala aktivitas pemerintahan dan kebudayaan terorientasi di dalam keraton, sehingga keberadaan sebuah keraton menjadi sangat penting dan raja sebagai penggerak roda berbagai aktivitas di dalamnya. Keraton berasal dari kata 'ka-ratu-an', yang berarti tempat tinggal ratu atau raja. Keraton juga dapat diartikan sebuah istana yang mengandung nilai keagamaan filosofi dan budaya.

Penyusunan Album Budaya Keraton ini bertujuan untuk memperkaya referensi tentang eksistensi budaya di lingkungan keraton dalam rangka upaya melestarikan kebudayaan, sehingga jejak keagungan tradisi pada masa lalu masih dapat terdokumentasikan pada masa kini. Direncanakan album budaya ini akan mendokumentasikan pada semua keraton di seluruh Indonesia, baik yang masih lengkap dan berfungsi sebagai tempat tinggal raja serta keluarganya maupun bangunannya sudah tidak lengkap serta sudah berubah fungsi.

Album budaya Keraton edisi keempat menampilkan Keraton/Istana yang ada di Pulau Sulawesi, yaitu Balla Lompoa Ri Sanrobone, Balla Lompoa Gowa, Saoraja Ponggawe, Saoraja Mallangga, Datu Luwu - Sulawesi Selatan; Mori, Banggai - Sulawesi Tengah; Malige - Sulawesi Tenggara.


Collection Location

Perpustakaan Terpadu Ditjen Kebudayaan

Detail Information
Series Title
-
Call Number
728.884 DEW a
Publisher
Jakarta : Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian P.,
Collation
240hlm; ilus; 28cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786026477699
Classification
728.884
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment