Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.267 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Sejarah Kabupaten Subang Study: Perkembangan Kabupaten Subang | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Sejarah Kabupaten Subang Study: Perkembangan Kabupaten Subang


Abtraksi
Oleh : Iwan Roswandi, dkk
Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Bandung, 2005
Sejarah Kabupaten Subang Study : Perkembangan Kabupaten Subang
iv+131 hlm
B.17 SK

Abstrak : Perjalanan sejarah pemerintahan Kabupaten Subang berkaitan dengan dua kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta. Kabupaten Subang pernah menjadi salah satu daerah dibawah wilayah Karesidenan Purwakarta, sedangkan ketiganya juga pernah digabung dalam wilayah Kabupaten Karawang.
Tujuan penelitian ini secara umum adalah dalam rangka menukung dan merealisasikan program kerja Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, umumna program kerja rutin Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung tahun anggaran 2005 dengan fokus penelitian Sejarah Kabupaten Subang. Tujuan khususnya adalah untuk mengungkap latar belakang sejarah lahirnya Kabupaten Subang termasuk proses kemandirian daerah tersebut dan persoalan-persoalan yang dihadapinya.
Metode yang akan dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode historis, yaitu proses penelitian dan penulisan sejarah kritis yang mencakup empat langkah. Pertama-tama yang dilakukan adalah mengumpulkan sebanyak mungkin sumber –sumber sejarah yang berkaitan dengan sejarah Kabupaten Subang. Sumber-sumber yang di maksud baik primer maupun sekunder. Sumber-sumber yang dikumpulkan tersebut, tidak hanya terbatas pada sumber tertulis, melainkan sumber lisan. Langkah kedua yang ditempuh adalah dengan melakukan kritik terhadap sumber-sumber yang berhasil dikumpulkan. Langkah ketiga yaitu melakukan interprestasi untuk merangkaikan berbagai fakta yang di butuhkan dalam rangka pembuatan suatu deskripsi dan juga penjelasan tentang sejarah Kabupaten Subang (deskripsi analisis) ,Kemudian, pada langkah selanjutnya ialah menyusun sebuah rekontruksi, maka pada tahap akhir dari seluruh rangkaian penelitian ini, adalah penyusunan historiografi.
Subang khusunya Kalijati menjadi tempat yang sangat pemting bagi sejarah Indonesia, sebab Kalijati menjadi saksi berakhirnya kekuasaan Hindia Belanda dan yang mnyerah kepada Jepang. Setelah kekuasaan Jepang berakhir (1945), Subang merupakan daerah kewedanaan yang berada di wilayah Kabupaten Karawang yang berkedudukan di Purwakarta, dan termasuk Keresidenan Jakarta.
Kata Kunci : Sejarah, Sejarah Kabupaten, Kabupaten Subang.


Collection Location

Perpustakaan BPNB Jawa Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
B.17 SK
Publisher
Bandung -Jawa Barat : BKSNT Bandung.,
Collation
lebar 20,7 cm., tinggi 98,5 cm., 131 hlm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
B.17 SK
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
2 eks
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment