Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.253 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Kajian Nilai Budaya Wawacan Suriadimulya | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Kajian Nilai Budaya Wawacan Suriadimulya


Abtraksi
Oleh : Suwardi Alamsyah P, dkk
Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Bandung, 2003
Kajian Nilai Budaya Wawacan Suriadimulya
iv+236 hlm
A.45 NK

Abstrak: Berselang beberapa lama orang hampir telah melupakan beragai peninggalan tradisi dari masa lampau. Naskah Sunda lama dalam hal ini. Wawancara Suriadimulya merupakan salah satu sumber yang dapat merekonstruksi dan mengetahui masyarakat dan kebudayaan masa lalu menempati kedudukan yang cukup penting, karena banyak diantaranya merupakan dokumen kontemporer pada zamannya.
Seperti halnya Wawacan Suriadimulya dalam kajian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan pertama adalah member masukan dalam rangka pembinaan dan pengembangan kebudayaan daerah, khusunya kebudayaan Sunda. Tujuan Kedua adalah mengungkap-kan dan mendskripsikan nilai budaya yang terkandung di dalam naskah tersebut guna melestarikan budaya daerah-daerah yang ada di Indonesia ini pada umumnya.
Sejalan dengan bahan yang dipakai untuk membuktikan masalah itu dirasakan pendekatan yang memadai adalah metode analisis isi (Content Analysis).
Penganalisisan Wawacan Suriadimulya, dititik beratkan pada segi sastra dalam arti Wawancara Suriadimulya ditempatkan sebagai sebuah cipta sastra atau karya sastra dan buah pikiran pengarang pada zamannya.
Membaca dan mengkaji cerita Wawacan Suriadimulys, diperoleh suatu pemahaman bahwa cerita wawacan merupakan sesuatu kisah atau cerita yang lengkap, padu, dan berkembang, serta tetap mempertahankan keharmonisan. Wawacan sebagai produk budaya, merupakan potret dan perilaku individual maupun social, sejalan dengan masuknya pengaruh agama.

Kata Kunci : Kajian Nilai Budaya


Collection Location

Perpustakaan BPNB Jawa Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
A. 45 NK
Publisher
Bandung -Jawa Barat : BKSNT Bandung.,
Collation
lebar, 21 cm., tinggi 29 cm., 236 hlm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
A. 45 NK
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
2 Eks
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment