Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Relief rupa dhatu tingkat I candi borobudur pesan sosial dan moral | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

DISERTASI

Relief rupa dhatu tingkat I candi borobudur pesan sosial dan moral


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada umat Buddha agar saat berkunjung ke Candi Borobudur dapat mengetahui ajaran kebenaran yang terkandung di dalam Candi Borobudur, khususnya dalam setiap pahatan reliefnya. Selain itu, penelitian dengan fokus utama relief Rupa Dhatu pada lantai pertama ini diharapkan dapat memfilekan foto keseluruhan relief Rupa Dhatu pada lantai pertama. File foto akan disertai keterangan dari setiap reliefnya disertai analisis pesan sosial dan moral.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan filosofis yang menggunakan metode hermeneutik Paul Richoeur. Pendekatan hermeneutik digunakan saat menganalisis pesan sosial dan moral dari setiap relief dengan melihat kitab yang menjadi dasar dari pemahatan relief yaitu Lalitavistara, Jataka, dan Avadana. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analis model Alir oleh Miles & Huberman. Hal ini dikarenakn analisis data dilakukan selama dan pasca penyajian data, serta selama dan pasca penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penyebutan “Rupa Dhatu” sebagai sebutan untuk 4 lantai Candi Borobudur adalah terlalu menyempitkan makna ajaran di dalam semua relief yang dipahatkan; (2) semua relief di dalam relief Candi Borobudur dalam satu tujuan yaitu membuka cakrawala manusia tentang pentingnya kehidupan yang bermoral; (3) relief pada bagian dinding Candi Borobudur pada lantai satu masih dalam urutan yang ‘in series’ tetapi relief di pagar candi Borobudur sudah banyak yang mengalami kerusakan karena banyak faktor sehingga sulit diidentifikasi alur ceritanya.


Collection Location

Perpustakaan Balai Konservasi Borobudur

Detail Information
Series Title
-
Call Number
DS 930.1 KUS r
Publisher
Semarang : Sekola Tinggi Agama Buddha Syailendra Semarang.,
Collation
124 hlm.; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
DS 930.1 KUS r
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment