Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.211 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Batik Sumedang, " Wajah Baru " Dalam Dunia Perbatikan?(Suatu Upaya Untuk Mengungkap Tentang Nilai Budaya Yang Terkandung Dalam BAtik Sumedang ) | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Batik Sumedang, " Wajah Baru " Dalam Dunia Perbatikan?(Suatu Upaya Untuk Mengungkap Tentang Nilai Budaya Yang Terkandung Dalam BAtik Sumedang )


Abtraksi
Oleh : Ria Intani.
Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Bandung, 2003
Batik Sumedang, “Wajah Baru” Dalam Dunia Perbatikan? (Suatu Upaya untuk Mengungkap tentang Nilai Budaya yang Terkandung dalam Batik Sumedang)
vi + 80 hlm
A.7 KAJ

Abstrak :Batik merupakan karya seni lukis dengan menggunakan canting dan teknik pewarnaan khusus. Istilah batu tulis muncul setelah berkembang peralatan baru dalam membatik yakni berupa stempel atau cap. Meskipun dilihat dari segi kualitas tidak seimbang, akan tetapi saat ini oleh masyarakat keduanya sama-sama disebut batik. Masing-masing disebut dengan “batik tulis” dan “batik cap”, dari jenis batik tadi, kemudian muncul batik kombinasi cap dan tulis, yakni motif yang dibuat dengan dicap dan ada bagian lain yang ditulis dengan menggunakan canting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap mengenai batik Sumedang. Lebih jauh lagi adalah ingin menggali nilai budaya yang terkandung di dalamnya.
Dalam hal kaitannya dengan penelitian mengenai batik Sumedang, tipe penelitiannya adalah deskriptif dengan metodenya bersifat kualitatif.
Batik Kasumedangan muncul lebih kurang lima tahunan kebelakang. Kemunculan batik Kasumedangan menghidupkan kembali kegiatan membatik yang pernah ada di masa lampau, atau revitalisasi dari yang pernah ada. Atau kegiatan budaya yang memang benar-benar baru. Nilai-nilai yang terkandung dalam motif batik Kasumedangan itu menjadikan adanya komunikasi antara generasi terdahulu dengan penerusnya. Dengan demikian warisan leluhur itu tak hilang ditelan zaman. Nilai-nilai tersebut menggambarkan sejarah, budaya, dan geografi Kabupten Sumedang.
Kata Kunci : Kajian Nilai Budaya, Batik Sumedang


Collection Location

Perpustakaan BPNB Jawa Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
A.7 KAJ
Publisher
Bandung -Jawa Barat : BKSNT Bandung.,
Collation
Lbr 20,9 cm, ,Tinggi 28,9 cm, 80 Hlm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
A.7 KAJ
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
2 Eks
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment