Temukan koleksi favoritmu

tersedia 226.121 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Harimau & Tikus

RECORD DETAIL
Back To Previous  XML Detail

Title
Harimau & Tikus
Collection Location
Perpustakaan LPMP Nanggroe Aceh Darussalam
Edition
Cet 1--
Call Number
398.24
ISBN/ISSN
9789797885892
Author(s)
Budi Dermawan
Subject(s)
Classification
398.24
Series Title
Ilmu Sosial
GMD
Text
Language
Indonesia
Publisher
Penebar Swadaya
Publishing Year
2018
Publishing Place
Jakarta.
Collation
32 hlm, 21x15 cm
Abstract/Notes
Sebuah hutan belantara terdapat berbagai macam hewan tinggal disana mereka tinggal selayaknya dalam hukum rimba namun karena keserakahan beberapara manusia, hutan itu pun menjadi tempat berburu.

Mereka sering berburu untuk mendapatkan kulit-kulit hewan terutama kulit harimau dan ada pula yang hanya meluangkan waktu saja untuk berburu hewan-hewan di hutan itu. Dan bukan hanya itu terkadang manusia menggunakan sumber daya alam seperti pohon dengan sangat berlebihan, mereka sengaja menebang pohon-pohon besar di hutan itu untuk dijual dan setelah mereka menbang pohon itu mereka enggan menanamnya, kini bukan hanya para pemburu yang menangkap hewan-hewan di hutan tetapi juga para penebang pohon yang tidak memiliki izin merusak alam.

Suatu hari seekor harimau muda pergi berburu mangsa, harimau itu masuk kedalam hutan untuk mencari seekor kijang, uncal atau hewan sejenisnya namun ketika di tengah jalan harimau itu terjerat oleh perangkap yang dipasang oleh para pemburu. Kini sang harimau meronta-ronta berusaha melepaskan diri dari perangkap yang menjerat tubuhnya dengan sangat kuat itu.



Perangkap itu terbuat dari tali yang besar dengan ikatan yang sangat kuat, dan jika para pemburu tidak datang untuk menangkap sang harimau dan melepaskan sang harimau dari perangkap mereka, sang harimau bisa mati karena terjerat. Setelah beberapa jam sang harimau meronta-ronta sambil mengaum kini tidak lagi terdengar auman sang harimau, sang harimau menyerah dengan tali-tali yang menjeratnya kini sang harimau hanya pasrah dan menunggu ajalnya tiba.
Specific Detail Info