Temukan koleksi favoritmu

tersedia 226.138 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Rumah Tradisional Jawa

RECORD DETAIL
Back To Previous  XML Detail

Title
Rumah Tradisional Jawa
Collection Location
Perpustakaan Museum Nasional
Edition
Call Number
TMB2
ISBN/ISSN
Author(s)
Hamzuri
Subject(s)
Classification
Terbitan Museum
Series Title
GMD
Language
Indonesia
Publisher
Museum Nasional
Publishing Year
1985
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes
Telah kita ketahui, bahwa bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki tata kehidupan masing-masing sesuai dengan perkembangan kebudayaan suku bangsa tersebut. Salah satu hasil dari kebudayaan tersebut ialah rumah. Setiap suku bangsa di Indonesia maupun di dunia mempunyai corak rumah masing-masing baik bentuk, ukuran maupun cara pengaturannya. Demikian pula bentuk, ukuran dan cara pengaturan rumah orang Jawa akan berbeda dengan suku bangsa lain.
Membicarakan perkembangan rumah orang Jawa, masih sedikit sekali dikatahui karena kurangnya bahan keterangan yang pasti terutama bahan-bahan tertulis oleh orang Jawa itu sendiri pada jaman dahulu, Kebanyakan dari mereka hanya menceritakan mengenai pengetahuannya dari mulut-kemulut dari generasi tua kepada generasi penggantinya.
Menurut penulisan yang terdapat didalam suatu naskah tentang rumah orang Jawa Koleksi Museum Pusat, Dep. P & K No, inv. B.G,608 disebutkan bahwa rumah orang Jawa pada mulanya dibuat dari bahan batu:teknik penyusunannya seoerti teknik penyusunan batu-batu candi tetapi bukan berarti rumah orang Jawa meniru bentuk candi, bahkan beberapa ahli telah membuktikan bahwa candi meniru bentuk rumah tertentu pada waktu itu.
Specific Detail Info