Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Rumah Tradisional Jawa | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Rumah Tradisional Jawa


Telah kita ketahui, bahwa bangsa Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki tata kehidupan masing-masing sesuai dengan perkembangan kebudayaan suku bangsa tersebut. Salah satu hasil dari kebudayaan tersebut ialah rumah. Setiap suku bangsa di Indonesia maupun di dunia mempunyai corak rumah masing-masing baik bentuk, ukuran maupun cara pengaturannya. Demikian pula bentuk, ukuran dan cara pengaturan rumah orang Jawa akan berbeda dengan suku bangsa lain.
Membicarakan perkembangan rumah orang Jawa, masih sedikit sekali dikatahui karena kurangnya bahan keterangan yang pasti terutama bahan-bahan tertulis oleh orang Jawa itu sendiri pada jaman dahulu, Kebanyakan dari mereka hanya menceritakan mengenai pengetahuannya dari mulut-kemulut dari generasi tua kepada generasi penggantinya.
Menurut penulisan yang terdapat didalam suatu naskah tentang rumah orang Jawa Koleksi Museum Pusat, Dep. P & K No, inv. B.G,608 disebutkan bahwa rumah orang Jawa pada mulanya dibuat dari bahan batu:teknik penyusunannya seoerti teknik penyusunan batu-batu candi tetapi bukan berarti rumah orang Jawa meniru bentuk candi, bahkan beberapa ahli telah membuktikan bahwa candi meniru bentuk rumah tertentu pada waktu itu.


Collection Location

Perpustakaan Museum Nasional

Detail Information
Series Title
-
Call Number
TMB2
Publisher
: Museum Nasional.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
Terbitan Museum
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment