Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Potret cendekiawan jawa | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Potret cendekiawan jawa


Moh. Saleh Mangundiningrat merupakan dokter generasi pertama yang mendapatkan gelar doktor (Dr.) dalam Ilmu Kedokteran pada periode kolonial. Ia mendapatkan gelar Doktor di Universiteit Amsterdam, pada tahun 1929. Dilahirkan di tengah keluarga priyayi yang memiliki tanah sendiri, masa kecilnya dilalui di Balerejo, sebuah desa yang terletak di antara Madiun dan Ponorogo, kemudian di sekolah di Tasikmalaya dan Madiun.

Sosok Moh. Saleh Mangundiningrat dipilih karena di mata penulis, dokter Saleh dan keluarganya dapat dijadikan model sejarah "keluarga intelektual". Bagaimana hal itu bisa terbentuk, penulis akan mengajak kita melihat latar belakang sosio-kultural di mana Saleh Mangundiningrat dibesarkan, proses pendidikan formal maupun informal yang dialami, perjalanan karier dan aktivitasnya, serta kehidupan keluarga yang dijalaninnya. Dengan kata lain, tulisan ini berusaha melihat kepribadian, kekuatan sosial yang mendukung, sensibilitasnya, keberuntungan dan kesempatan yang dialami Saleh Mangundiningrat- sosok cendekiawan Jawa yang akan sangat inspiratif bagi kita.

Perjalanan hidup Slaeh Mangundiningrat yang tertuang dalam buku ini akan memenuhi kebutuhan khalayak pembaca yang mencari sosok cendekiawan yang solid- yang menaruh perhatian dalam setiap aspek kehidupan: intelektual atau keilmuan, pendidikan, keluargam sosial/humanisme, kebudayaan dan keragaman.


Collection Location

Perpustakaan Terpadu Ditjen Kebudayaan

Detail Information
Series Title
-
Call Number
920.0598 MNU p
Publisher
Jakarta : Gramedia.,
Collation
xix, 131hlm; ilus; 21cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9792220976
Classification
9200598
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment