Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.358 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

STRATEGI ADAFTASI DAN PENGETAHUAN NELAYANAN TRADISIONAL DI DESA KARIMUNTING TERHADAP SUMBER DAYA | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

STRATEGI ADAFTASI DAN PENGETAHUAN NELAYANAN TRADISIONAL DI DESA KARIMUNTING TERHADAP SUMBER DAYA


Kehidupan nelayan tradisional di Kabupaten Bengkayang, khsususnya di Desa Karimunting menarik untuk didalami, terutama terkait dengan pengetahuan yang mereka miliki. Pengetahuan yang dimiliki oleh nelayan di Desa Karimunting tidak hanya mengenai wilayah laut tempat mereka mencari penghidupan, tetapi juga pengetahuan tentang sistem pasar di mana mereka dapat menjual hasil tangkapannya sekaligus menjalin relasi dengan pelaku ekonomi laut lainnya. Sebagai aktor utama dalam sektor perikanan, pengetahuan ini menjadi modal penting tidak hanya dalam beraktivitas di darat, seiring dengan kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil tangkapan. Bisa jadi pengetahuan yang dimiliki oleh nelayan tersebut dijadikan sebagai dasar atau bahkan menjadi strategi dalam beradaptasi terhadap kondisi alam lingkungan yang berubah. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, di dalam buku ini akan mendapatkan gambaran bagaimana sebenarnya pengetahuan nelayan tradisional tentang wilayah laut dan sumber daya yang ada di dalamnya, serta mengetahui strategi adaptasi yang dilakukan nelayan tradisional sesuai dengan penerapan pengetahuan yang mereka miliki.

The life of traditional fishermen in Bengkayang Regency, especially in Karimunting Village is interesting to study, especially related to their knowledge. The knowledge possessed by fishermen in Karimunting Village is not only regarding the sea area where they make a living but also knowledge about the market system where they can sell their catch as well as establish relationships with other marine economic actors. As the leading actor in the fisheries sector, this knowledge is an important capital not only in activities on land, but along with processing activities and marketing of catches. It could be that the knowledge possessed by fishermen is used as a basis or even a strategy for adapting to changing environmental conditions. In this regard, this book will get an overview of how the actual knowledge of traditional fishermen about the sea area and the resources in it, as well as know the adaptation strategies carried out by traditional fishermen in accordance with the application of the knowledge they have.


Collection Location

Perpustakaan BPNB Kalimantan Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
KBA - 304.2 (300-309) NEN S
Publisher
Bandung : MEDIA JAYA ABADI.,
Collation
x + 112hlm; 15,5cm x 23,5cm; ILUS
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-7526-30-8
Classification
KBA - 304.2 (300-309)
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment