Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.090 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

PERMAINAN TRADISIONAL MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

PERMAINAN TRADISIONAL MASYARAKAT PESISIR DI KECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT


Pada dasarnya permainan tradisional merupakan ciri kedaerahan. Setiap daerah memiliki permainan sendiri dan memiliki nilai historis sendiri pula, meskipun terkadang terdapat kemiripan antara daerah satu dan daerah lainnya. Budaya di Teluk Pakedai melahirkan permainan tradisional pesisir yang berkaitan dengan sungai. Jenis-jenis permainan tradisional, seperti anjong tapah, jage telok buaya, dan gelembos pelekat dahulu sering dimainkan oleh masyarakat pesisir di Teluk Pakedai. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, permainan ini tergeser oleh permainan modern. Anjong tapah adalah permainan di dalam air yang membutuhkan keberanian dan olah tubuh yang baik, sebab dilakukan dengan bertumpu di atas pundak kawan sebelum kemudian pemain melakukan akrobat. Adapun jage telok buaya adalah permainan yang memerlukan strategi dan stamina yang kuat, sebab harus menangkap pemain yang mencuri telur yang dijaganya. Gelembos pelekat atau bisa juga disebut gelembos sarong adalah permainan di dalam air yang membutuhkan pernapasan yang kuat untuk bertahan di dalam sarung yang ditiup seperti balon. Semua permainan tersebut menggunakan bahan yang ada di lingkungan sekitar sehingga mudah untuk didapat. Permainan tradisional ini mengandung unsur olahraga yang berkaitan dengan olah tubuh dan juga melatih pernapasan dan ketahan tubuh. Selain itu, permainan ini juga mengajarkan anak-anak selalu bersikap sportif, berani, bekerja sama, toleran, dan tolong menolong. Sikap-sikap ini sangat membantu dalam pembentukan karakter anak untuk berkembang menjadi manusia yang berketahanan budaya.

Basically, traditional games are regional characteristics. Each region has its own game and has its own historical value, although sometimes there are similarities between one region and another. The culture in Teluk Pakedai gave birth to traditional coastal games related to rivers. Types of traditional games, such as anjong tapah, jage telok buaya, and gelembos pelekat, used to be often played by coastal communities in Teluk Pakedai. However, along with the times, this game was shifted by modern games. Anjong tapah is a game in the water that requires courage and good physical exercise because it is done by leaning on the shoulders of a friend before the player performs acrobatics. Jage telok buaya is a game that requires strategy and strong stamina because you have to catch players who steal the eggs they are guarding. Gelembos pelekat which can also be called gelembos sarong is a game in the water that requires strong breathing to survive in a sheath that is blown up like a balloon. All of these games use materials in the surrounding environment, so they are easy to obtain. This traditional game contains elements of sports related to exercise and also trains breathing and endurance. In addition, this game also teaches children always to be sporty, courageous, cooperative, tolerant, and helpful. These attitudes are very helpful forming of children's character to develop into culturally resilient human beings.


Collection Location

Perpustakaan BPNB Kalimantan Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
PRA - 793.4 (790-799) LIS P
Publisher
Bandung : MEDIA JAYA ABADI.,
Collation
xii + 84hlm; 16cm x 23,5cm; ILUS
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-7526-32-2
Classification
PRA - 793.4 (790-799)
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment