Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.358 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

PERMUKIMAN TIONGHOA DI SINGKAWANG DAN SEKITARNYA DARI MASA KONGSI HINGGA MASA KOLONIAL (ABAD KE-19 SAMPAI AWAL ABAD KE-20) | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

PERMUKIMAN TIONGHOA DI SINGKAWANG DAN SEKITARNYA DARI MASA KONGSI HINGGA MASA KOLONIAL (ABAD KE-19 SAMPAI AWAL ABAD KE-20)


Kota Singkawang merupakan kota pesisir yang tumbuh sebagai pengaruh dari eksistensi komunitas Tionghoa yang membentangkan struktur elemen-elemen daerah asalnya dalam bangunan kota yang dihuninya dalam bentuk permukiman, jalan, serta pasar. Adaptasi dengan lingkungan asli di pesisir Barat Borneo serta adopsi dari pola arsitektur budaya asli mereka di Tiongkok menghasilkan pola permukiman Tiongkok di Singkawang menjadi sebuah bentukan yang tidak sama persis dengan daerah asalnya di Tiongkok. Permukiman Tiongkok sampai abad ke-19 terbentuk berdasarkan pengaruh Tiongkok baik dari bentuk bangunan, struktur permukiman, posisi kelenteng, dan jaringan jalan. Pola permukiman Tiongkok yang ada di Singkawang terbagi menjadi , yaitu tipe permukiman pasar yang merupakan gabungan dari tempat tinggal sekaligus sebagai pusat transaksi komersial, serta permukiman terpisah. Penataan infrastruktur di SIngkawang dipengaruhi oleh dua kondisi yang meliputi politik dan ekonomi.


Collection Location

Perpustakaan BPNB Kalimantan Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
KBA - 959.8 (950-959) ANI P
Publisher
Kalimantan Barat : BPSNT Pontianak.,
Collation
vi+ 108hlm; 16cm x 21cm; ILUS
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
KBA - 959.8 (950-959)
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment