Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.172 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar


Pendidikan itu merangkai masa depan. Apa pun jenisnya, dengan kekuatan yang dimiliki, pendidikan baik formal maupun nonformal menentukan perkembangan sebuah masyarakat. Lebih-lebih, pendidikan persekolahan, yang menandai pendidikan formal sebuah bangsa, akan memengaruhi gambaran besar bangsa di masa kini dan mendatang. Tak lain karena pendidikan persekolahan ibarat kapal besar yang meggerakkan warga bangsa untuk naik ke atasnya sebagai penumpang. Merdeka Belajar adalah kata-kata magis yang menggambarkan kebijakan terkini pendidikan di negeri ini. Platform itu disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim pada acara rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jakarta, 11 Desember 2019.

Saat menjelaskan empat program pembelajaran nasional, Mendikbud menciptakan jargon Merdeka Belajar sebagai platform baru pendidikan nasional. Keempat program pembelajaran nasional di atas terdengar enak di telinga. Itu karena, ujian sekolah berbasis nasional akan diganti dengan ujian (asesmen). Juga, ujian nasional akan dihentikan pada tahun 2021 serta diganti dengan asesmen kompetensi minimun dan survei karakter. Selebihnya, rencana pelaksanaan pembelajaran akan dipersingkat, dan zona penertimaan peserta didik baru akan dibuat lebih fleksibel. Argumen Mendikbud pun atas pengambilan kebijakan program Merdeka Belajar di atas terdengar menyejukkan.

Untuk itu, buku ini memberikan sebuah analisis dan tanggapan kritis atas jargon Merdeka Belajar yang digaungkan oleh Kemendikbud tersebut. Sehingga, nantinya diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perbaikan, pengembangan, dan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, khususya pendidikan Islam.


Collection Location

Perpustakaan LPMP Papua Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
379 MUZ m
Publisher
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232360624
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment