Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.351 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik


Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengamanatkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang cukup bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

Dalam melaksanakan amanat Permendikbud ini, kegiatan inti pembelajaran dikemas dengan format pendekatan saintifik. Pendekatan ini merupakan proses kerja ilmiah yang diadaptasi ke dalam proses pembelajaran dengan tujuan memperkuat kompetensi siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara integral, berpikir logis dan sistematis, mampu menyelesaikan masalah, melatih mengemukakan pemikiran dan gagasan, serta mengembangkan karakter siswa.
Untuk dapat menerapkan pendekatan saintifik dengan baik, maka guru sebagai pelaksana utama pembelajaran dituntut untuk lebih menguasai ragam model pembelajaran PAIKEM sebagai kunci keberhasilan implementasi pendekatan saintifik. PAIKEM lebih memungkinkan adanya keterlibatan siswa secara aktif, kreatif, berinteraksi sesama teman, dengan guru, dengan materi pelajaran secara dinamis dan dialogis, sehingga dapat mendorong pe-ningkatan mutu pembelajaran siswa.


Collection Location

Perpustakaan LPMP Papua Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.36 MAR m
Publisher
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024464837
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment