Temukan koleksi favoritmu

tersedia 274.358 koleksi, tersebar di seluruh perpustakaan di lingkungan kemdikbud

Evaluasi Program : Teori dan Praktik dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan | Katalog Induk Perpustakaan Kemdikbudristek

RECORD DETAIL
Back To PreviousXML DetailCite this

Text

Evaluasi Program : Teori dan Praktik dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan


Program adalah rencana dari sebuah sistem. Suatu rencana perlu dituangkan secara tertulis sehingga dapat dipelajari oleh semua pihak yang terlibat. Dalam praktiknya, sering kali pelaksanaan suatu kegiatan (program atau proyek) tidak sesuai dengan rencana tertulis karena berbagai faktor. Misalnya, ada program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat untuk setiap sekolah. Masalahnya, mengapa setiap sekolah menerima dana BOS dengan jumlah yang berbeda? apakah dana tersebut betul-betul digunakan untuk kepentingan sekolah? Masalah seperti tadi tidak bisa dijawab dengan “kira-kira” karena dapat menimbulkan fitnah, harus ada bukti secara empiris. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi program secara komprehensif.

Buku ini menawarkan berbagai gagasan, baik secara teoretis maupun praktis kepada para pembuat kebijakan (pimpinan instansi, kepala sekolah, pengawas, dan guru) untuk memahami segala sesuatu mengenai evaluasi program, termasuk di dalamnya monitoring dan evaluasi (monev) program. Jika semua pihak memahami evaluasi program, diharapkan kualitas pelaksanaan program akan semakin baik dan pada gilirannya tujuan pembangunan akan tercapai secara merata dan adil. Hal ini sesuai dengan tujuan evaluasi program itu sendiri, yaitu untuk pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu (nilai dan arti) suatu program, berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu dalam rangka membuat suatu keputusan dan pertanggungjawaban dalam melaksanakan program.


Collection Location

Perpustakaan LPMP Papua Barat

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.1 ARI e
Publisher
Bandung : PT Remaja Rosdakarya.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024463366
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment