Text
PERANAN PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN KEBUDAYAAN NASIONAL DI PROPINSI KALIMANTAN TIMUR
Kotamadya Samarinda adalah termasuk kota yang multi-etnis, dengan subjek utama siswa Sekolah Dasar dan Pendidikan Tinggi. Di lingkungan keluarga ditemukan bahwa, secara tidak langsung orang tua yang memiliki bakat seni menginvestasikan anak untuk turut menyukai seni yang digeluti orang tuanya. Kendala pembinaan seni budaya di lingkungan pendidikan formal adalah minimnya dana pembinaan. Umumnya sekolah/PT belum menyadari fungsinya sebagai pusat kebudayaan. Dikarenakan tidak ada kebijakan khusus tentang ini, sehingga bentuk pembinaan tiap sekolah berbeda dan tergantung dari kepala sekolah. Untuk itu perlu kiranya para pengambil keputusan di lingkungan pendidikan dan Pemda pembakukan Pembinaan Seni Budaya Nasional melalui keluarga, sekolah dan masyarakat agar tidak terjadi stagnasi pembinaan.
Perpustakaan BPNB Kalimantan Barat