Text
PERSEPSI ANAK DIDIK TERHADAP LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DI KLATEN
Pendidikan yang diterima anak didik di Desa Gedaren, Jawa Tengah diperoleh dari tiga wadah lembaga pendidikan yaitu melalui pendidikan formal (bangku sekolah), keluarga, dan masyarakat. Anak didik di Desa Gedaren menyadari bahwa dengan tempat tinggalnya merupakan daerah yang potensial bagi kegiatan bertani. Berbagai jenis pengetahuan yang dimiliki anak didik, baik di dapat dari pendidikan di bangku sekolah maupun keluarga, dan masyarakat mempengaruhi penilaian dalam pemilihan jenis pekerjaan yang dicita-citakanya itu. Sementara itu, kehidupan sosial dalam bentuk gotong royong dan tolong menolong terutama yang bersifat nonekonomi sangat harmoni. Pengetahuan yang didapat anak didik di bangku sekolah dan kedalaman agama berperan dalam menilai suatu kegiatan upacara. Hubungan langsung antara manusia dengan Tuhan merupakan cara yang disarankan untuk segala ucapan terima kasih yang akan disampaikan. Upacara-upacara yang senantiasa dilakukan dalam mengiringi tahap-tahap kegiatan pertanian yang tempo dulu dilakukan, kini sudah sangat disederhanakan pelaksanaannya.
Perpustakaan BPNB Kalimantan Barat